Monday, May 16, 2011

Pentingnya Bimbingan di Sekolah Dasar

Program bimbingan di Sekolah Dasar yang terorganisasi sama pentingnya dengan program bimbingan di Sekolah Lanjutan.Bimbingan yang diberikan sejak kontak pertama anak dengan sekolah sudah harus terorganisir dengan baik sampai anak mendapat tempat dalam lapangan kerja atau ke pendidikan lanjutan. Pemahaman mengenai diri sendiri sangat perlu sejak usia dini agar anak dapat menyesuaikan diri dengan berbagai situasi baru, memecahkan masalah yang dihadapi di kemudian hari. 
Bimbingan tidak lagi berdasarkan pada konsep meyediakan pelayanan untuk menanggulangi krisis, tetapi berdasarkan pada konsep perkembangan yang berkesinambungan. Pendekatan ini menekankan pada pentingnya prevensi dan kesehatan mental. Oleh karena itu, bimbingan perlu diorganisir dengan baik sejak anak usia dini.
Tujuan utama bimbingan di TK (Taman Kanak-kanak) adalah proses perubahan dari kanak-kanak sebagai makhluk individu yang menonjol keunikannya, menjadi makhluk sosial, dengan jalan optimal perkembangan penyesuaian pribadi dan sosial yang memadai.
Tujuan utama bimbingan di SD (Sekolah Dasar) adalah membantu anak :
  1. Menguasai bahan ajaran tuntunan kurikuler
  2. Membuat pilihan dan menentukan bahan ajar yang cocok
  3. Memiliki sikap-pandangan belajar yang mendukung
  4. Mempunyai pola perilaku belajar yang mendukung
  5. Memilih teman gaul dan membentuk kelompok-kelompok belajar yang serasi
  6. Mengadakan penyesuaian hidup berkelompok yang menunjang belajar
  7. Memecahkan masalah-masalah belajar yang dihadapi murid.
Refrensi :
Sukadji, S. (2000). Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah. Depok: Lembaga Pengambangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
http://www.anneahira.com/artikel-pendidikan/pendidikan-sekolah.htm

No comments:

Post a Comment